Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Kamis, 02 Januari 2014

Kutipan Buku


Sangat menarik membaca buku ini, didalamnya banyak cerita menarik terkait Kesmas dan Bagaimana Prof. dr. Ascobat Gani menekuni dan memperjuangan Kesehatan Masyarakat di Indonesia. Sosok yang luar biasa di dunia Public Health.
Saya pun tertarik memposting kutipan-kutipan dari bukunya sebagai bahan inspirasi buat kita semua. Berikut beberapa kutipan dari buku beliau :

"Public health is art and science, sebuah seni ambil contoh menari, tidak bisa dipelajari di buku. Seseorang hanya akan bisa menari kalau ia mau turun ke lantai dan mulai menggerakkan badannya. Demikian pula seorang pakar Kesehatan Masyarakat, kendati sudah paham betul ilmu dan teori kesehatan masyarakat, tidak ada artinya jika ia tidak pernah bersinggungan dengan realitas di Lapangan "

"Kesehatan masyarakat sebagai sebuah ilmu tidak cukup hanya sekedar dikaji dan dipelajari. Ilmu ini perlu dikembangkan dengan cara menerapkan kepada masyarakat. Dengan cara ini, bukan saja menjadikan ilmu ini memiliki nilai tapi juga akan berkembang."

"Profesi di bidang kesehatan masyarakat, haruslah pandai-pandai merangkul banyak kalangan dan harus punya karakterisitik mampu bekerja sama dengan orang lain, terutama dengan masyarakat. Kalau orangnya individualis, maka dia tidak cocok menjadi professional di public health."

"Public Health is local problem, local recources, local community, local wisdom, and local solution
Public Health is loving the people."

"Siapapun yang ingin berprofesi di dunia kesehatan masyarakat jangan harap bisa melihat perubahan terjadi esok hari, semua butuh waktu yang panjang untuk sampai ke tujuan."

"Jika ingin mencari uang, jadi kaya, jangan memilih profesi di bidang kesehatan masyarakat, apalagi jadi pengajar di bidang ini."


"Memilih aktivitas di bidang public health harus di dasarkan pada pijakan yang tepat. Pengabdian merupakan satu-satunya pijakan dalam mengarungi bidang kesehatan masyarakat. Adanya niatan lain, terlebih materi akan mengakibatkan ketidaknyamanan dalam bekerja."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates