Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Selasa, 31 Desember 2013

Dari Project… Ke Project

Landasan saya nulis lagi di blog ini, sebenarnya karena rasa malu. Masa tulisan saya di tahun 2013 Cuma ada satu..hehehe…  hanya ada di awal tahun Januari… supaya tidak terlalu malu-maluin mari kita tutup postingan tahun ini di akhir Desember 2013..hehehe

Ok.. saya cuma mau bercerita sedikit tentang aktivitas selama 2013. Boleh dibilang 2013 aktivitas saya hanya berpindah dari satu project ke project yang lain. Sebenarnya cari kesibukan sih, daripada dibilang nganggur. Kerja di project khususnya tentang kesehatan sebenarnya sudah saya alami sejak tahun 2009, setelah menyelesaikan S1 saya di FKM Unhas sampai 2010, sebelum berangkat sekolah ke Jogja. Paling tidak ada 4 Project pada waktu itu yang saya ikuti. Survey Narkotika di Kalangan pelajar, Survey Narkotika di Kalangan Pekerja, Evaluasi Surveilans AI,DBD, Malaria di SulSel dan terakhir Riskesdas 2010. Kerjaannya sih kalau ndak jadi enumerator, jadi tenaga input & analisis data, dan semuanya cukup menyenangkan.

Setelah balik dari Jogja berjuang selama 2 Tahun, saya dipanggil lagi di Jurusan Epidemiologi Unhas, untuk membantu dosen menyelesaikan projectnya. Syukurlah bisa dapat kesibukan, walaupun saya tahu di jurusan itu kita dikasi kerjaan project satu. Tapi kerjaaan sampingannya banyak bangeet…hehehe tapi it’s Ok diambil asyik aja.


Kita Mulai dari Project Pertama di tahun 2013
Pemetaan Fasilitas Kesehatan & Survei program pelayanan imunisasi di daerah kumuh kota Makassar (Jan- Agst 2013)

Project ini merupakan project yang terlama yang saya kerjakan…  fundingnya adakah CDC dan Unicef dan bekerjasama dengan Dinkes Prov.SulSel. ada beberapa kegiatan yang kami lakukan disini, melakukan pemetaan fasilitas kesehatan di wilayah kumuh kota Makassar khususnya daerah Pampang dan Jongaya, melakukan survey mengenai program imunisasi, melakukan evaluasi penggunaan kartu bantu program imunisasi di Kota Makassar dan Kab. Bulukumba. Saya dipercaya untuk mengkoordinir teknis pelaksanaannya, maklum Kak Sidik selaku penanggungjawab kegiatan mesti bolak balik Makassar-Sumba untuk project malaria, ya..risiko jadi pemerang pengganti, harus siap kapan saja, Anyway..saya banyak belajar lagi di project ini, ya,,, tentang program imunisasi, mengkoordinir orang-orang, termasuk mengurusi keuangan,  Project ini ya termasuk project yang menyenangkan karena ndak terlalu berat menurut saya. Yang berat adalah buat laporannya..heehee..


Project ke-2
Validasi Riskesdas (Juni 2013)

Di Bulan Mei dapat tawaran project dari senior di Gizi untuk ikut bergabung dalam project Validasi Riskesdas 2013. Karena project imunisasi tahap I sudah selesai, Tahap II baru dimulai lagi nanti dibulan Juli, tak apalah saya pun menerima tawaran ini, untuk ngisi kekosongan aja sih.. (Sok banget ya…) hehehe... Setelah mengikuti pelatihannya, dan akhirnya dapat penempatan di Sulawesi Tengah, kebetulan salah satu daerah yang belum pernah saya kunjungi.  Di Project ini Dapat Posisinya agak naikan dikit nih.. Korlap (koordinator Lapangan) padahal pas dilapangan kerjanya sama aja.. terpaksa ikut mendata juga biar cepat selesai, maklum adek-adek di tim saya masih butuh bimbingan, hehe.. Banyak cerita menarik sebenarnya saya mau ceritakan disini, tapi kayaknya butuh satu postingan khusus untuk cerita Riskesdas ini. Ah..cukuplah kami bertiga yang tahu. Yang jelas perjalanan kami sangat seruuu..


Project ke-3 (Juli-Agustus 2013)
Survey BKKBN
Setelah project Riskesdas sebenarnya saya tidak ingin terima project dulu, soalnya mau konsentrasi di bulan Ramadhan waktu itu. Tapi lagi-lagi dapat telpon dari jurusan untuk menghendel project dari BKKBN. Tugas saya mencari enumerator yang bersedia ditempatkan di 24 kab/kota di SulSel, tidak tanggung-tanggung 96 orang harus dicari. Tapi alhamudullilah dapat juga, walaupun di detik-detik terakhir pun kami masih disibukkan mencari pengganti yang mengundurkan diri. Mulai dari mahasiswa angkatan 2004-2010 ada di project ini. Setelah ngumpulin orang, saya kebagian kerjaan jadi Supervisor (asyiik..naik jabatan dikit nih..) tugasnya cuma ngunjungungin dan evaluasi kerja enumerator. Saya dapat bagian 3 kabupaten (Pangkep, Wajo & Sidrap) lumayan sekalian jalan-jalan. Tapi project ini banyak dikeluhkan oleh enumerator, maklum honornya dikit… apa yang mereka dapat tidak sesuai dengan beban kerja mereka (terutama pada daerah-daerah yang sulit). Tapi ya Alhamdulillah project inipun selesai dengan baik.

Project ke-4
Training Sistem Informasi Kesehatan (SIK) (Okt-Des 2013)
DI bulan September setelah semua project selesai. Saya dapat tawaran lagi dari Pak Ansariadi untuk bergabung dalam TIMnya mengurusi pelatihan SIK selama 3 bulan. Awalnya bertanya kok ada pelatihan sampai 3 bulan, lama banget… Setelah melihat kurikulum pelatihannya. Ternyata memang banyak materi yang diajarkan. Ya hampir sama dengat short course sih. Tawaran itupun sy terima. Alasannya karena ingin belajar banyak tentang SIK…sambil jadi panitia sambil belajar gratis hehehe… Maklum mimpi saya dulu itu ingin jadi seorang yang ahli IT tidak pernah terwujud, S1 gagal masuk di jurusan Teknik Informatika ITS, jatuhnya malah di FKM. S2 sudah dapat pilihan yang bagus SIMKES (sistem informasi kesehatan)… eh entah kenapa malah pilih Epidemiologi Lapangan. Pelatihan ini paling tidak mengobati mimpi yang tak kesampaian. Disini saya banyak belajar tentang bagaimana membuat aplikasi database, membuat web, trouble shooting dan GIS.

Pelatihan ini diikuti oleh 13 staf Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang ada di SulSel, Sulbar, dan Sultra, pelatihan ini kerjasama PUSDATIN Kemenkes RI dan didukung oleh Global Fund (GF).  Awalnya tugas saya cuma jadi sekretaris mengurusi administrasi dan keuangan. Tapi terakhir-terakhir saya terpaksa jadi Backup pemateri, harus turun tangan untuk membantu ngisi materi kalau pemateri/dosennya berhalangan. Maklum dosen-dosennya pada sibuk semua. Bayangin aja Ketuanya ada di Australia, Wakil ketuanya ada di Jepang.  Terima nasib aja..hitung-hitung belajar. Hehehe…


Begitulah kerjaan saya selama tahun 2013, berpindah dari satu project ke project yang lain, sampai ada teman yg bilang saya ini Proyektor…hahaha. Ya..Alhamdulillah rejekinya mungkin sini. Saya lebih senang dapat kerjaan seperti ini berpindah dari satu kerjaan ke kerjaan yang lain, dari satu tempat ke tempat yang lain. Bertemu dengan tim yang berbeda-beda.  jadi tidak monoton dan tidak membosankan, selalu dapat ilmu baru. Tapi yang namanya project kita ndak bisa berharap terus-terusan ada. Saya bersyukur karena masih bisa dipercaya sama orang-orang untuk bergabung di timnya. Kerjaan seperti ini memang hanya butuh kepercayaan dan menjaga kepercayaan itu dengan kerja yang baik. Insya Allah itu akan menjadi modal investasi yang baik. Jika ada project berikutnya kita pasti diajak bergabung lagi… (Ngarep….hehehe..).


Next… apa kerjaan lagi di Tahun 2014 ? kita tunggu saja..sambil berdoa, semongga mimpi 2014 tercapai...aammiiinn

2 komentar:

  1. 2 postingan di tahun 2013, yah, tidaklah memalukan.. haha :p

    oia, anak FKM-UH
    saya punya teman disana, miftah angkatan 2004
    mungkin ini ndak penting tapi sekedar info saja, yah, tetap ndak penting di', haha...

    *peace!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..kenal mba..hehehe..
      senior saya di FKM

      Salam kenal kalau gitu... :D

      Hapus

 
 
Blogger Templates