Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Rabu, 11 Mei 2011

Berbagi Keceriaan


Setelah kita belajar cuek.. sekarang belajar peduli..hehehe…dengan berbagi keceriaan..ok!
Pengalaman hidup manusia yang panjaang menjelaskan bahwa orang yang mampu mencapai kedudukan yang tinggi adalah orang yang memberi nasehat kepada orang lain dengan ilmu yang bermanfaat atau yang mau melepaskan orang lain dari himpitan masalah, memudahkan orang yang kesulitan dan orang yang mau mengeluarkan apa saja miliknya untuk membahagiakan orang lain. Orang yang mendapatkan posisi mulia dari sisi Rabbnya adalah orang memiliki seni membagi keceriaan dari jiwanya yang jernih.
Perhatikanlah kedudukan mulia itu ketika seseorang sahabat Nabi saw yang menerima seorang tamu, tapi ingin sekali memuliakan tamunya tersebut dan membuatnya gembira padahal dia tidak punya makanan kecuali hanya sedikit. Sahabat itu kemudian mematikan lampunya, dan lalu dia berpura-pura seakan sedang ikut makan hingga tamunya menghabiskan makanan yang terhidang di depannya sampai kenyang.
Dan Al Quran pun turun untuk merekam perbuatan itu yang mungkin dianggap remeh oleh mata manusia namun berat dalam timbangan kepahlawanan, prinsip dan makna. Karena itulah Allah swt mengangkat derajat shaabat tersebut dengan perbuatannya, seperti ditegaskan dalam firmanNya, “Dan mereka mengutamakan (muhajirin) atas dirinya sendiri, meskipun mereka juga memerlukan (QS. Al Hasyr:9)
Rasulullah saw bersabda :Sesungguhnya di antara amal shalih yang paling dicintai Allah adalah memasukkan keceriaan di hati seorang mukmin, melepaskannya dari kesedihan, membayarkan Utangnya, dan memberinya makan dari kelaparan (HR. Baihaqi)
Hadist lain juga menyebutkan bahwa “Siapa yang menyisipkan keceriaan ke dalam sebuah penghuni rumah dari kaum muslimin, Allah tidak rela pahala baginya kecuali surga (HR. Thabrani dan Aisyah ra)
Begitu muliannya perbuatan sederhana ini, kita sisa menumbuhkan sifat peduli, berbagi, walaupun sedikit, walaupun kita juga butuh, Insya Allah.. kita hanya perlu YAKIN bahwa semua itu aka nada gantinya yang lebih baik… Mari Menularkan keceriaan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates